Friday, June 8, 2012

Platini Berharap Balotelli Tidak Tinggalkan Lapangan



Presiden UEFA Michel Platini menanggapi pernyataan striker Italia Mario Balotelli yang mengancam akan meninggalkan lapangan jika menerima tindakan rasial selama Euro 2012. Platini memperingatkan, aksi Balotelli tersebut bisa berbuah kartu kuning.

Peringatan tersebut memang bukan Platini tujukan kepada Balotelli semata. Hal itu berlaku kepada seluruh pemain kulit hitam yang meninggalkan lapangan bukan atas intruksi wasit.

Sadar dirinya bisa jadi sasaran empuk rasialisme, Balotelli menegaskan akan meninggalkan lapangan bila dirinya menjadi korban rasial. Penyerang keturunan Ghana itu bahkan mengancam akan membunuh penonton yang memberinya kulit pisang.

Eskalasi ketakutan terhadap aksi rasial selama Euro 2012 di Polandia dan, terutama, Ukraina memang meningkat dalam sebulan terakhir. Publik sepak bola resah dan khawatir dengan tingginya kasus rasial di Eropa Timur.

Euro 2012 akan dimulai pada Jumat esok saat tuan rumah Polandia menghadapi Yunani. Italia sendiri baru akan bertanding pada Minggu lusa melawan juara bertahan Spanyol.

No comments:

Post a Comment